Persiapan Debat Publik Perdana Pasangan Cagub dan Cawagub Jatim 2024

 

Debat publik perdana

Persiapan Debat Publik Perdana Pasangan Cagub dan Cawagub Jatim 2024 - Kamis, 17 Oktober 2024 sore diadakan Media Briefing, Persiapan Debat Publik antara Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kesatu. Acara berlangsung di Graha Unesa, Jl. Citra Raya Lakarsantri Lidah Wetan, Surabaya. 

Dalam acara ini, aku dan rekan-rekan media menyimak sosialisasi KPU Jatim yang memaparkan tentang persiapan debat Pilgub yang akan dilaksanakan pada Jumat, 18 Oktober 2024 di Graha Unesa, lantai 4, pukul 19.00-20.00 WIB. Acara ini nantinya bakal disiarkan secara langsung di Kompas TV dan TVRI. 

Dalam Pilkada Jawa Timur kali ini, KPU Jatim mengangkat tema Integrasi keaneka ragaman budaya di jawa timur. Makanya dalam debat nanti, para paslon diminta menggunakan kostum adat budaya yang ada di Jawa Timur. 

“Ini mencerminkan kekayaan budaya yang dimiliki Provinsi Jawa Timur. Kostum budaya boleh pakaian dari Mataraman, Madura, semua boleh,” kata Nur Salam.

Pilkada Jatim 2024

Tema Debat Publik Kesatu

Dalam acara Debat perdana cagub dan cawagub Jatim 2024 ini mengusung tema "Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktifitas Sumber Daya Lokal Untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur". 

Tema utama ini nantinya dipecah-pecah lagi menjadi beberapa subtema, yaitu mengangkat tentang

  • Daya Saing dan Nilai Tambah Ekonomi
  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Demografi, Kemiskinan, dan Kesenjangan
  • Masyarakat Digital
  • Ketahanan Sosial
  • Penguatan Budaya dan Identitas Lokal


Debat publik perdana

7 Panelis dari Akademisi

Nur Salam Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim menjelaskan para panelis yang dihadirkan dalam debat besok harus memiliki 3 unsur pakar yang ahli dalam bidangnya, meliputi akademisi, profesional, dan tokoh masyarakat. Tapi dalam debat publik perdana kali ini, telah dipilih 7 panelis dari unsur akademisi. 

Panelis debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon yang ditunjuk harus memenuhi kualifikasi, sebagai berikut :

  1. Mempunyai integritas, jujur, dan simpatik
  2. Bersikap netral dan tidak memihak kepada calon pasangan dan/atau tim kampanye pasangan calon

Tim perumus moderator dan panelis wajib menandatangani pakta integritas yang disiapkan oleh KPU Provinsi dan KPU kabupaten/Kota.

Adapun nama-nama panelis debat publik kali ini, ada:

  1. Prof. Dr. H. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag. Ahli Pendidikan Agama Fakultas Tarbiyah & Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya
  2. Prof. Dr. Drs. Ec. H. Muhammad Syarif, M.Si, CMA, CRA. Ahli Management, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trunojoyo Madura
  3. Adhitya Wardhono, S.E., M.Si., M.Sc., Ph.D. Ahli Ekonomi Pembangunan, Fakultas aekonomi dan Bisnis Universitas Jember
  4. Dr. Sasongko Budisusetyo, CPA., CPMA. Ahli Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya
  5. Dr. Ahmad Imron Rozuli, SE., M.Si. Ahli Sosiologi Ekonomi dan Kelembagaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya
  6. dr. Hidayatullah, Sp. N. Ahli Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  7. Dr. Rina Wahyu Setyaningrum, M.Ed. Ahli Pendidikan Bahasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. 

Para panelis ini memang sengaja diumumkan pada H-1 sebelum pelaksanaan debat pertama, agar tidak terganggu pekerjaannya, juga termasuk menjaga kerahasiaan lokasi panelis-panelis ini sekarang agar mereka bisa tetap fokus bekerja. Tapi untuk para paslon, ketiganya sudah diinfokan sejak H-3. 

Untuk jadwal Debat ke II akan dilangsungkan pada 3 November 2024 di DBL, Jl. Ahmad Yani 88 Surabaya. Stasiun JTV dan CNN Indonesia akan menyiarkannya secara live. Dan Debat ke III akan disiarkan langsung di Metro TV dan TV One bertempat di Grand City Surabaya pada 17 November 2024.

Debat publik perdana cagub dan cawagub Jatim 2024 ini memang sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, karena dari debat ini kita bisa mengetahui secara langsung bagaimana tanggapan-tanggapan dari sudut pandang para paslon. 

Publik pastinya juga menantikan, kira-kira bagaimana buah pikiran juga visi misi dari ketiga paslon tersebut. Jadi, untuk mengetahui keseruan debatnya, jangan sampai lupa kita bisa saksikan secara langsung di Kompas TV dan juga TVRI ya, stay tuned. 


Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Persiapan Debat Publik Perdana Pasangan Cagub dan Cawagub Jatim 2024"