Media Gathering KPU Jatim, Sinergitas Peran Media dalam Tahapan Logistik Pilkada 2024


Gaung pilkada sudah terdengar sejak beberapa bulan belakangan, di semua platform sosial media sudah ramai dibahas, banner yang berisi foto dan nama calon yang bakal menjabat bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur, serta walikota dan wakil walikota juga sudah terpasang di berbagai spot-spot yang strategis termasuk di pinggir-pinggir jalan raya, agar memudahkan masyarakat untuk lebih mengenali calon dan pasangan calon yang bakal dipilih. 

Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024, menjadi ajang yang menarik untuk disimak. Apalagi sebagai alumni KPPS Februari lalu, aku merasa terpanggil untuk mengabdikan diri menjadi abdi negara yang menjabat dalam kurun waktu sehari. Makanya saat dapat undangan media gathering dari KPU Jatim, aku merasa wajib hadir buat mengetahui gimana sih langkah-langkah KPU dalam proses persiapan pemilihan kepala daerah Jawa Timur ini. 

Media Gathering KPU Jatim, Sinergitas Peran Media dalam Tahapan Logistik Pilkada 2024

Acara media gathering KPU Jatim digelar di hotel Wyndham yang berlokasi di jl. Basuki Rahmat No. 67-73 Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jumat, 4 Oktober 2024. Aku beserta teman-teman blogger juga media siang itu antusias mendengarkan sosialisasi persiapan logistik pemilihan kepala daerah yang digelar serentak ini.

Pertama ada bapak Suprapto yang menjabat Kepala Bagian Keuangan Umum & Logistik KPU Prov. Jatim, yang menjelaskan tentang laporan kegiatan siang itu. Dilanjut bapak Eka Wisnu Wardhana yang memberikan sambutan selaku Divisi Litbang & SDM. Kemudian ada bapak Miftahur Rozaq yang menjabat Divisi Perencanaan & Logistik, beliau yang memberikan sosialisasi terkait logistik KPU Jatim. 

KPU Jatim sekarang ini udah mulai tahapan awal pengadaan logistik untuk Pilkada 2024 karena DPT sudah disiapkan, jumlah TPS sudah ditentukan, dan KPPS juga sudah dibentuk. Untuk menjamin kelancaran dan efisiensi prosesnya, KPU berkolaborasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Hal ini dilakukan agar gelaran pilkada bisa berjalan lancar dan kondusif. 

Persiapan Logistik Pilkada 2024 KPU Jatim

Kalau tak ada hambatan, pada 11-12 Oktober 2024 surat suara untuk pilgub sudah bisa dicetak, tentunya semua masih menunggu finalisasi hasil koordinasi beberapa pihak yang terkait, seperti perusahaan percetakan yang sudah ditunjuk. 

Kebutuhan logistik pada pilkada serentak 2024 ini menyesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ada, terdata ada sebanyak 31.280.418 DPT di Jawa Timur. Kebutuhan logistiknya sejumlah 32.088.910 surat suara dan 60.751 daftar pasangan calon. Selanjutnya dibutuhkan 61.417 jumlah keseluruhan kotak suara, 121.502 bilik, dan 121.502 tinta yang nantinya akan dibagi pada masing-masing TPS yang ada di seluruh Jawa Timur. 

Selain beberapa hal yang udah tersebut tadi, tentunya masih banyak printilan lain seperti contohnya kabel ties, pulpen, segel, sampul kertas, alat bantu tunanetra, karet pengikat surat suara, tanda pengenal KPPS, dan lain-lain yang tak boleh sampai terlewatkan ada dalam kotak suara saat pendistribusian nantinya. Karena sebelum pelaksanaan pencoblosan, anggota KPPS bakal mengecek ulang logistik yang diterima, apakah sudah sesuai dengan data yang ada. 

Fokus KPU Jatim saat ini, selain melakukan sosialisasi terkait logistik juga melakukan berbagai hal, diantaranya ialah kegiatan pemantapan peningkatan kapasitas yang dilakukan oleh KPU Kab/Kota dalam mengedukasi memberikan peningkatan kapasitas kepada jajarannya yang ada ditingkat kecamatan maupun desa.

Lomba Jurnalistik KPU Jatim

Ada kabar menarik dari KPU Jatim nih teman, untuk memeriahkan pesta demokrasi di Jawa Timur. KPU Jatim menyelenggarakan Kompetisi Jurnalistik Pilkada Serentak tahun 2024 di Jawa Timur, dengan tema "Jawa Timur Beragam".

Buat kalian yang hobi nulis, foto, atau bikin video, kalian bisa ikutan lomba ini. Syaratnya juga gampang banget, karya wajib menunjukkan aktivitas tahapan pilkada serentak di Jawa Timur tahun 2024. 

Periode lombanya mulai 8 Juli sampai 30 November 2024. Ada total hadiah 280 juta yang bikin mupeng. Untuk info lengkapnya, kalian bisa langsung cek di Instagram @kpu_jatim ya. Jadi, yuk bikin konten sekreatif mungkin, siapa tau kita lah pemenangnya. 



Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Media Gathering KPU Jatim, Sinergitas Peran Media dalam Tahapan Logistik Pilkada 2024"