Periksa Mata di RS Mata KMU Lamongan, Rumah Sakit Mata Pertama di Lamongan

 


Siapa di sini yang sama kayak aku, baru tau kalau periksa mata itu harusnya 6 bulan sekali, seperti periksa gigi? Duh kudetnya aku, hehehe

Nah info ini tuh aku dapat saat dateng ke RS Mata KMU Lamongan, yang berlokasi di jl. Raya Desa Plosowahyu, Lamongan. Lokasi RS mata ini sangat strategis karena berada di sisi jalan raya arah Babat - Gresik, samping balai desa Plosowahyu. Kalau kamu dari arah barat, RS ini berada di sisi kiri jalan dengan plang besar jadi mudah ditemukan. 

Siang itu, tanggal 13 September 2024. Aku dan beberapa teman sudah janjian buat periksa mata gratis. 2 hari sebelumnya teman sudah kasih info kalau doi dapat beberapa voucher periksa mata di RS Mata KMU. Nggak boleh disia-siakan kalau ada yang gratisan gini. Karena jujur, belakangan penglihatan udah mulai ada yang beda. Jadi harus segera diperiksakan.


RS Mata KMU Lamongan, Solusi Permasalahan Seputar Mata

Sekitar jam 14.20 aku sampe di lokasi RS mata, telat sekitar 20 menit dari jam yang sudah disepakati sebenarnya. Teman-teman sudah duduk dengan rapi menyimak mbak-mbak perawat yang lagi kasih edukasi seputar kesehatan mata agar terhindar dari berbagai penyakit mata seperti glukoma, katarak, dan lain-lain.

Selesai pemaparan materi, kita lanjut diajak hospital tour untuk melihat berbagai ruangan yang ada di rumah sakit ini beserta fungsi-fungsinya. 


Rumah Sakit Mata Pertama di Lamongan dengan Fasilitas yang Lengkap

RS Mata KMU Lamongan punya fasilitas lengkap untuk menangani keluhan mata pasien. Sejak dari pintu masuk, kita akan langsung melihat suasana yang bersih dan nyaman. Diruang tunggu, disediakan sofa-sofa dengan kualitas yang bagus. Di sebelahnya disediakan dispenser juga berbagai jenis kopi sachet yang bisa dinikmati oleh pengunjung rumah sakit mata. 

Di depan ruang tunggu ada meja pendaftaran, meja kasir, dan meja pengambilan obat. Letak meja-meja ini berjejer, jadi kita bakal mudah menemukannya. Oh iya, di sisi kanan pintu masuk terdapat mini playground untuk anak-anak juga.

Hospital tour siang itu dipandu sama mbak Rateh, salah satu perawat di rumah sakit mata ini. Mbak Rateh memulai tour kali ini di mulai dari ruang IGD dengan berbagai alat-alat medis pendukung yang lengkap, di IGD terbagi dalam beberapa ruang, ada ruang observasi zona merah, kuning, dan hijau dengan alat yang mumpuni. 

Lanjut kita masuk ke ruang resusitasi sebagai tempat pemulihan pasien. Disebelahnya berjejer ruangan-ruangan dalam satu lorong, ada ruang radiologi, dan laboratorium. Di ruang rekam medis hanya terlihat 1 set meja dan kursi kerja, di meja terlihat ada beberapa alat tulis dan sebuah komputer.

Rumah sakit ini memang sengaja sebisa mungkin meminimalisir penggunaan kertas, jadi semua dokumen rekam medis pasien sudah tertata dengan rapi dalam komputer atau PC yang sudah saling terhubung dari satu ruang ke ruangan lainnya. Karena setiap ruangan sudah disediakan sebuah PC dan satu buah tablet untuk memudahkan penanganan pasien agar lebih cepat dan optimal. 

Selanjutnya ada rudang obat, ruang farmasi, dan di ujung lorong ada toilet yang bersih. Belok kiri dari toilet kita bakal bertemu pintu yang menghubungkan dengan lorong utama arah meja pendaftaran. Pada sisi barat, ada ruang edukasi yang digunakan untuk sesi konsultasi sebelum tindakan, ruang tunggu pasiennya dibuat senyaman mungkin dengan mini pantry, sofa yang nyaman, juga TV LED yang bisa digunakan untuk melihat secara langsung proses operasi mata.

Di sebelah ruang tunggu pasien, ada mushola, ruang diagnosa dengan alat-alat yang canggih, ruangan ini kemudian terhubung dengan ruang priksa dokter. Jadi setelah dicek menggunakan alat-alat yang ada, hasilnya nanti akan dibacakan oleh dokter, berbarengan dengan sesi konsultasi lanjutan seperti keluhan dll, agar dokter bisa memberikan penanganan yang tepat dari keluhan pasien.

Alat-alat yang Canggih dengan Teknologi Terkini

RS Mata KMU Lamongan menggunakan alat-alat yang canggih dengan teknologi terkini, seperti yang ada pada ruang diagnosis ada beberapa alat seperti auto refractometer, yang digunakan sebagai pemeriksaan dasar untuk menilai kelainan refraksi pada pasien. Pemeriksaan ini berfungsi sebagai titik awal untuk refraksi subjektif dan membantu dokter mata dan dokter spesialis mata untuk menentukan kelainan refraksi secara akurat.

Ada juga alat tanometri yang digunakan untuk mengecek tekanan bola mata, pengecekan ini berguna untuk deteksi dini glaukoma. Glaukoma sendiri merupakan kerusakan saraf optik akibat peningkatan tekanan pada bola mata. Kondisi ini berbahaya, karena kalau tidak ditangani bisa menyebabkan gangguan penglihatan permanen hingga kebutaan.

Setelah pengecekan dengan alat-alat tersebut, lanjut beralih pada pengecekan lensa kaca mata untuk menentukan lensa yang sesuai dengan kondisi mata kita. Nantinya hasil dari pengecekan lensa ini bisa digunakan untuk meresepkan kacamata. Jadi bisa sesuai dan akurat agar lebih nyaman. 

Kabar yang sedikit kurang baiknya, hasil pengecekan mata ini meningkat drastis. Yang awalnya mata kiri -3,5 dan kanan -3, sekarang menjadi kiri -5,25 dan kanan -4,75 huhuhu. Pantesan beberapa waktu belakangan mata ini kurang nyaman melihat jarak jauh biarpun sudah pakai kacamata. 

Pelayanan yang Ramah dan Memuaskan

Setelah keluar dari ruang periksa dokter, aku ngopi-ngopi cantik di ruang tunggu sembari menunggu dipanggil namanya untuk konsul lanjutan apakah kita perlu untuk menebus obat atau tidak. Karena nggak punya keluhan apapun selain minus mata bertambah, jadi kemarin aku hanya diresepkan kacamata baru, tanpa perlu menebus obat.

Overall yang aku rasakan saat periksa mata gratis dan hospital tour di RS Mata KMU Lamongan, pelayanannya ramah, staf-stafnya humble, dan murah senyum. Penjelasan-penjelasannya juga mudah dipahami, dan perawatnya sangat antusias menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan pasien. 

Sebelum pulang, kemarin saya dan teman-teman juga diberi 1 voucher periksa mata gratis senilai Rp. 200.000 yang bisa digunakan sampai akhir September ini. Lumayan ya, jadi bisa diberikan pada teman atau saudara yang lagi punya keluhan mata dan bisa sekalian kenalan sama rumah sakit mata pertama di Lamongan ini. 



Buat warga Lamongan dan sekitarnya, kalau punya keluhan apapun seputar mata. Bisa langsung datang ke RS Mata KMU Lamongan ya. See you.. 

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

1 komentar untuk "Periksa Mata di RS Mata KMU Lamongan, Rumah Sakit Mata Pertama di Lamongan"

Comment Author Avatar
Aku juga keknya mulai nambah ini minus mata, pengin cek juga ke KMU. Dekat dan besar ya tempatnya, lengkap pula alat-alatnya....