ASUS Luncurkan Laptop AI, Dibekali NPU Serta Berbagai Fitur Inovatif Berbasis AI

 


Mengawali bulan Agustus ini, saya berkenalan dengan produk laptop terbaru dari ASUS. Yap, pada tanggal 1 Agustus 2024 saya dan teman-teman blogger berkesempatan hadir pada ASUS Media & Blogger Gathering Roadshow, yang digelar di Platinum Hotel Surabaya.

ASUS sebagai produsen laptop terkemuka, selalu punya inovasi-inovasi yang bikin pengguna ingin segera upgrade laptop mereka ke versi terbaru. 

Dan kali ini ASUS memperkenalkan ASUS AI, yang merupakan lini produk laptop yang sudah dibekali dengan hardware dan fitur berbasis AI. ASUS AI ini tampil sebagai solusi yang bakal mempermudah pengguna dalam memilih laptop AI.

ASUS AI lahir sebagai bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi laptop terdepan. Bahkan sampai saat ini, ASUS merupakan satu-satunya brand laptop yang konsisten menghadirkan jajaran laptop AI serta punya portofolio produk paling lengkap. Mantap kan. 



Mas Muhammad Firman selaku Head of Public Relations ASUS Indonesia memaparkan keunggulan-keunggulan produk laptop AI. Laptop yang punya logo ASUS AI dipastikan tampil sebagai laptop AI. Artinya, laptop tersebut dibekali software dan hardware berbasis AI. Hadir dengan NPU atau Neural Processing Unit yang merupakan chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi jauh lebih efisien.

Saya cukup terkesima dengan fitur-fitur terbaru dari ASUS AI, yakni hadir dengan sistem operasi Windows 11 Home, dan laptop terbaru ASUS AI ini juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Fitur Copilot di Windows 11 dipastikan melengkapi keahlian dan kreativitas pengguna dengan bantuan kecerdasan juga jawaban yang relevan.


ASUS AI hadir untuk menjawab kebutuhan akan laptop dengan standar AI. 

Untuk bisa masuk dalam kategori ASUS AI, sebuah laptop harus memenuhi berbagai persyaratan, di antaranya adalah laptop tersebut harus dibekali dengan prosesor yang sudah mempunyai NPU. Hal ini sangat penting karena keberadaan NPU bakal membantu pemrosesan AI di laptop menjadi lebih efisien.

Selain NPU, syarat berikutnya laptop tersebut harus dibekali dengan Windows 11 dan kompatibel dengan fitur Copilot. Fitur Windows 11 dan Copilot menjadi salah satu basis persyaratan ASUS AI, yang mana keduanya akan menghadirkan pengalaman penggunaan AI secara maksimal.

Kak Nadia Sefia selaku Project Relations ASUS Indonesia kasih demonstrasi perbedaan laptop yang sudah berstandar AI dengan laptop biasa, salah satunya saat menggunakan aplikasi remove backgroud, laptop AI fungsinya lebih cepat dari pada laptop biasa. Berikutnya kecanggihan laptop AI bisa dilihat dari fitur kamera, yang bisa otomatis mengikuti arah kita berada bahkan saat digunakan untuk presentasi dan sebagainya. 



Jajaran Laptop AI Paling Lengkap

Melalui ASUS AI, ASUS membuktikan jadi satu-satunya brand laptop di Indonesia yang menghadirkan jajaran laptop AI paling lengkap.

Ada Zenbook DUO (UX8406) yang merupakan satu-satunya laptop AI dengan layar ganda, Zenbook 14 OLED (UX3405) dan Zenbook 14 OLED (UM3406) keduanya merupakan laptop AI tipis dan ringan, ada juga laptop AI dengan harga terjangkau yaitu Vivobook S 14 OLED (S5406) dan Vivobook S 14 OLED (M5406). Semuanya merupakan laptop ASUS AI yang sudah dipastikan memenuhi persyaratan sebagai laptop AI.


Zenbook DUO (UX8406) satu-satunya laptop AI dengan dua layar. 

Bukan hanya sekedar laptop 2 layar biasa, Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop yang dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards. Laptop ini punya lima skenario penggunaan, membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai aktivitas.

Zenbook DUO merupakan laptop yang sangat powerful. Dibekali Windows 11 dan didukung Copilot untuk pengalaman AI sekaligus multitasking tak tertandingi.

Ditenagai prosesor Intel® Core™ Ultra 9 yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™, sehingga perangkat ini juga tampil sebagai laptop ASUS AI. 

Untuk harganya, Zenbook DUO (UX8406) dipatok mulai dari Rp34.999.000.



Zenbook 14 OLED UX3405 (versi Intel) dan Zenbook 14 OLED UM3406 (versi AMD) Laptop Tipis dan Ringan. 

Buat pengguna yang membutuhkan laptop AI tipis dan ringan, ASUS menghadirkan Zenbook 14 OLED UX3405 (versi Intel) dan Zenbook 14 OLED UM3406 (versi AMD).

Kedua laptop ini, diperkuat oleh prosesor hingga Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H ataupun AMD Ryzen™ 78840HS. Menggunakan layar OLED resolusi hingga 3K, RAM hingga 32GB dan storage M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD. Kedua laptop yang tipis dan ringan ini, dibanderol mulai harga Rp16.799.000.


ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) dan Vivobook S 14 OLED (M5406) Pilihan produk yang lebih terjangkau

Nah buat kalian yang punya budget minim tapi pengen masuk industri AI, ASUS tentu punya solusinya. ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) atau Vivobook S 14 OLED (M5406) bisa kalian pilih untuk tetap produktif dalam berkarya. Kedua laptop ini dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H ataupun AMD Ryzen™ 7 8840HS dengan TDP yang lebih tinggi yakni hingga 50W. Untuk harga, bisa dipastikan lebih ramah di kantong. Dipasarkan mulai harga Rp15.799.000.


Selanjutnya, dalam waktu dekat ASUS juga bakal menghadirkan aplikasi dan fitur berbasis AI khusus untuk laptop ASUS AI untuk memperkuat eksosistemnya.

Jadi, dari berbagai type laptop AI terbaru dari ASUS, kira-kira yang mana pilihanmu? 

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "ASUS Luncurkan Laptop AI, Dibekali NPU Serta Berbagai Fitur Inovatif Berbasis AI"