Belajar Masak Melalui Game Edukasi yang Menyenangkan di Culinary Schools


Culinary schools


Culinary Schools, Belajar Masak Melalui Game Edukasi yang Menyenangkan - Masak merupakan basic life skill yang harus dimiliki setiap orang baik perempuan maupun laki-laki. Makanya kita harus belajar mengolah bahan masakan menjadi makanan siap santap biarpun menu yang paling sederhana sekalipun.

Masak sendiri merupakan kegiatan yang bisa dibilang susah-susah gampang. Kalau dilihat dari teorinya tinggal kupas-kupas, potong-potong, lalu tumis atau cemplang-cemplung aja. Tapi pada prakteknya nggak semudah itu, memasak membutuhkan resep yang tepat untuk mendapatkan rasa yang pas dan sesuai, karena beda lidah beda juga rasa yang diinginkan. Ada yang suka cenderung asin gurih, ada juga yang suka cenderung manis. Semua tergantung selera masing-masing orang.

Maka dari itu sebaiknya kita mulai belajar masak sejak dini, banyak menu yang simpel tapi tetap enak seperti omelet telur, nasi goreng, sop ayam, dan masih banyak lagi. Kita bisa mulai belajar dengan membantu ibu di dapur, belajar via YouTube, maupun mengikuti kelas-kelas memasak secara langsung. Untuk anak-anak, kita bisa mulai belajar memasak via game Culinary Schools yang menyenangkan.


Belajar Masak Melalui Game Edukasi yang Menyenangkan di Culinary Schools

Beberapa waktu belakangan saya dan anak sering menghabiskan waktu dengan bermain game edukasi memasak di situs culinaryschools.org 

Melalui game ini anak bisa memahami cara memasak dengan mudah dan menyenangkan karena tersedia permainan-permainan edukasi bertema memasak yang bisa kita pilih.

Culinary Schools menawarkan koleksi ratusan permainan online secara gratis untuk membantu membiasakan anak-anak dengan makanan, memasak, pertanian, seni kuliner, bisnis restoran, dan juga karier terkait perhotelan.

Di situs Culinary Schools terdapat 4 kategori permainan yang bisa dipilih, diantaranya ada :

  • Game edukasi makanan yang mempelajari tentang makanan sehat dan makanan tidak sehat.
  • Game pelayanan makanan seperti membuat sandwich dan berperan sebagai pelayan restoran. Permainan ini dapat memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana rasanya bekerja di dapur.
  • Permainan bertema makanan seperti game arcade buah, lempar pisau, game teka-teki fisika, game mengisi gelas, dll
  • Game permainan otak seperti teka-teki logika, solitaire, mahjong, permainan memori, dan masih banyak lagi.


Rekomendasi Game Masak yang Edukatif untuk Anak di Culinary Schools

Game masak

Can I Eat It?

Can I Eat It? Merupakan permainan untuk anak-anak prasekolah dan anak usia TK, di mana mereka dengan cepat mengklik ya jika mereka merasa suatu benda dapat dimakan, dan mengklik tidak ketika mendapati benda yang tidak bisa dimakan.

Permainan ini meliputi buah-buahan, sayuran, kue, sosis, kaus kaki, stik, gelas, baterai, serangga, dan banyak lagi.

Permainan ini bisa melatih ketepatan, ketelitian, dan juga kecepatan karena terdapat waktu di setiap sesinya.


Culinary schools

Food Word Game

Food Word Game ialah permainan yang menampilkan setengah lusin buah yang berbeda dan mencantumkan nama masing-masing. Pemain menyeret nama yang benar di dekat gambar buah terkait. Seret keenamnya ke tempat yang benar untuk menyelesaikan setiap tahap.

Game ini cocok dimainkan untuk anak prasekolah maupun anak usia TK. Manfaatnya, anak jadi bisa belajar mengenal dan memahami nama dan bentuk buah dalam gambar.


Culinary schools

Find Pair

Game Find Pair mirip dengan permainan mencocokkan kartu memori, kecuali semua item ditampilkan menghadap ke atas. Beberapa item secara fisik berada di atas satu sama lain, tetapi mengklik item mana pun akan membuatnya berada di depan.

Permainan ini bisa membantu anak-anak mengembangkan keterampilan mengenali pola dan membantu mereka mengidentifikasi item serupa yang pandangannya terhalang sebagian atau itemnya diputar pada sudut yang berbeda.


Game ular

Feed The Snake

Game Feed The Snake merupakan permainan ular yang menampilkan pintu-pintu yang terbuka setelah kira mengumpulkan kuncinya. Makanlah banyak buah untuk memunculkan kuncinya, lalu keluar melalui pintu yang terbuka sebelum penghitung waktu mencapai nol. 

Kita bisa bergerak ke 4 arah mata angin, tapi harus menghindari menabrak dinding atau diri sendiri. Ambil lidah super untuk mengumpulkan buah secara otomatis. Mainkan semua 6 zona. 

Game ini mengingatkan saya dengan game yang dulu sering saya mainkan waktu kecil, jadi bermain game Feed The Snake bisa mengembalikan kenangan masa kecil saya.


Game kasir

Cashier Simulator

Cashier Simulator adalah permainan edukasi berbasis uang yang juga melatih siswa dalam berhitung. Hitung semua barang di keranjang belanja setiap pelanggan, terima pembayaran mereka, lalu berikan kembalian yang benar. Dapatkan hingga 3 bintang di setiap 160 tahap yang menantang.

Bermain game Cashier Simulator, membantu anak memahami cara menjadi kasir, menghitung belanjaan, dan memberi kembalian yang sesuai dengan jumlah uang yang dibayarkan. Di game ini anak banyak belajar tentang matematika dengan cara yang lebih menyenangkan.


Itulah tadi beberapa game yang sering saya mainkan bersama anak di Culinary Schools, selain game-game yang sudah saya sebutkan di atas, masih banyak pilihan game seru dan edukatif lainnya yang bisa dimainkan untuk anak dan juga dewasa. Dan senangnya lagi karena bermain game di Culinary Schools tidak perlu download aplikasi, serta bisa di mainkan secara gratis kapanpun dan di mana pun. Jadi, selamat bermain.

Fionaz
Fionaz Hanya manusia biasa yang berusaha jadi bermanfaat untuk sesama. Seorang freelance writer dan blogger, untuk kerja sama bisa dihubungi melalui email: fionazisza03@gmail.com

Posting Komentar untuk "Belajar Masak Melalui Game Edukasi yang Menyenangkan di Culinary Schools"